Kamis, 19 April 2018

TOGAF



A.      Apa itu TOGAF ?
TOGAF dikembangkan oleh Architecture Forum dari The Open Group sejak pertengahan 1990-an dengan versi pertamanya terbit pada tahun 1995. Versi terakhirnya, TOGAF 9, diluncurkan pada 2 Februari 2009 dan sejak itu menjadi standar de-facto global untuk Enterprise Architecture, yang diadopsi oleh lebih dari 80% dari perusahaan terkemuka di dunia, dengan ribuan orang, tim, dan pelatihan organisasi untuk sertifikasi TOGAF setiap tahun.
TOGAF (The Open Group Architecture Framework) adalah suatu kerangka kerja arsitektur perusahaan yang memberian pendekatan komprehensif untuk desain, perencanaan, implementasi, dan tata kelola arsitektur informasi perusahaan. Arsitektur ini biasanya dimodelkan dengan empat tingkat atau domain; bisnis, aplikasi, data, dan teknologi.


B.      Mengapa kita perlu mengadopsi TOGAF?
Lebih dari 20.000 orang di seluruh dunia sejauh ini mengambil kursus TOGAF terakreditasi. Framework TOGAF 9.1 dirilis pada 1 Desember 2011, yang berisi sejumlah pembaruan untuk TOGAF 9.  Sedangkan Framework TOGAF Versi 9 diluncurkan pada tahun 2009 dan sejak itu menjadi standar de-facto global untuk Enterprise Architecture, yang diadopsi oleh lebih dari 80% dari perusahaan terkemuka di dunia, dengan ribuan orang, tim, dan pelatihan organisasi untuk sertifikasi TOGAF setiap tahun. Hal ini sebagian karena ada beberapa organisasi internasional dengan infrastruktur untuk membangun disiplin baru, seperti arsitektur enterprise. Dan sebagian lagi karena tidak ada pendekatan tunggal sepakat untuk arsitektur enterprise sampai TOGAF tiba adegan.

C.      Pada saat bagaimana TOGAF diperlukan?
TOGAF digunakan sebagai framework untuk arsitektur sistem informasi perguruan tinggi karena cocok dengan karakteristik perguruan tinggi dan sistem informasinya itu sendiri, yaitu:
a)      Dibutuhkan suatu metoda yang fleksibel untuk mengintegrasikan unit-unit informasi dan mungkin juga sistem perencanaan sistem informasi (SI) dengan flatform dan standar yang berbeda-beda. TOGAF mampu untuk melakukan integrasi untuk berbagai sistem yang berbeda-beda.
b)      TOGAF cenderung merupakan suatu metoda yang bersifat generik serta fleksibel yang dapat mengantisipasi segala macam artefak yang mungkin muncul dalam proses perancangan (karena TOGAF memiliki resource base yang sangat banyak), standarnya diterima secara luas, dan mampu mengatasi perubahan.
c)      TOGAF mudah diimplementasikan.
d)      TOGAF bersifat open source  

D.      Apa manfaat TOGAF ketimbang framework lain ?
   Manfaat TOGAF daripada framework yang lain adalah : 
a)      Sistematis 
b)      Fokus pada siklus implementasi (ADM) dan proses 
c)      Kaya akan area teknis arsitektur 
d)      Recource base menyediakan banyak material referensi 
e)      Karena melibatkan banyak pihak terutama industri, di TOGAF banyak memberikan best practice atau kejadian riil di dunia nyata 
f)       Pendekatannya bersifat menyeluruh (holistic). . 
g)      TOGAF mampu untuk melakukan integrasi untuk berbagai sistem yang berbeda-beda 
h)      TOGAF relatif mudah diimplementasikan 
i)       TOGAF bersifat open source, sehingga bersifat netral terhadap teknologi dari vendor tertentu.

E.      Apa saja bagian-bagian dari TOGAF ?
TOGAF secara umum memiliki 3 struktur dan komponen sebagai berikut:
1)      Architecture Development Method
Architecture Development Method menjelaskan bagaimana menemukan sebuah arsitektur perusahaan/organisasi secara khusus berdasarkan kebutuhan bisnisnya. Ini merupakan bagian utama dari TOGAF.
2. Foundation Architecture (Enterprise Continuum)
Foundation Architecture merupakan sebuah “framework-within-a-framework” yang menyediakan hubungan bagi pengumpulan asset arsitektur yang relevan dan menyediakan bantuan petunjuk pada saat terjadinya perpindahan abstraksi level yang berbeda.
Foundation Architecture terdiri dari:
a. Technical Reference Model
Menyediakan sebuah model dan klasifikasi dari platform layanan generik.
b. Standard Information Base
Menyediakan standar-standar dasar dari informasi.
c. Building Block Information Base
Menyediakan blok-blok dasar informasi di masa yang akan datang.
3. Resource Base
Pada bagian ini terdapat informasi mengenai guidelines, templates, checklists,latar belakang informasi dan detil material pendukung yang membantu arsitek didalam penggunaan ADM.


F.      Pendapat saya tentang TOGAF?
              Semakin berkembangnya teknologi maka semakin canggih pula akan kegunaan sebuah sistem .Dari sini TOGAF diciptakan ,TOGAF mempunya susunan sistem enterprise yang mudah untuk dipahami para penggunanya ,dan juga mudah untuk di gunakan di semua perusahaan. Tak sedikit perusahaan-perusahaan yang menggunakan EA ini untuk membangun perusahaan mereka.

 
Pentingnya arsitektur perusahaan (EA) memainkan peran untuk mendukung perusahaan terbukti karena menyediakan teknologi dan struktur proses yang merupakan aspek fundamental dalam strategi TI. Kerangka kerja arsitektur Enterprise (EAF) akan mempercepat dan menyederhanakan pengembangan EA dengan memastikan cakupan solusi yang komprehensif, memastikan hasil dari EA selalu sejalan dengan pertumbuhan perusahaan. Maka dari itu menurut saya TOGAF dengan mengusulkan model EA yang mencakup bisnis, sistem informasi, dan arsitektur teknologi yang bergantung pada dasar-dasar teknis yang direkomendasikan yang mungkin untuk diimplementasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar